Posted by: ynbs | January 28, 2009

Mengelola Widget – 2


sumber: http://www.gembong.web.id

Sidebar adalah bagian yang ada disebelah kiri atau kanan didalam tampilan blog dari website. Sedangkan widget adalah suatu fasilitas atau komponen yang dapat ditambahkan atau dikurangi kedalam sidebar. Contoh template default dari wordpress memiliki tampilan sidebar sebagai berikut :

Pages, Archives, Categories, Blogroll dan Meta adalah widget yang secara default muncul ke dalam sidebar. Kita dapat mengganti isi sidebar tersebut dengan menambahkan widget kedalam sidebar. Misalkan dalam sidebar kita ingin mengganti isinya dengan widget Calendar, Recent Post dan Recent Comment caranya adalah dengan masuk ke dalam administrator ke menu “Design – Widgets“, seperti terlihat pada gambar kedua.

Selanjutya untuk menambahkan widgets ke dalam sidebar tinggal klik tombol “Add” yang ada disebelah nama widget, setelah itu widget yang ditambahkan akan berada disebelah kanan dibawah nama sidebar. Tombol “Add” yang ada disebelah kiri kemudian akan berubah menjadi tombol “Edit“, klik tombol “Edit” untuk memberi nama widget. Untuk mengatur yang berkaitan dengan widget, misalkan menambahkan script pada text widget, kita dapat klik “edit” yang berada disebelah nama widget yang ada dibagian sebelah kanan.

Hasil dari perubahan di sidebar, jika sudah disimpan perubahannya dapat dilihat seperti gambar dibawah:

Daftar widget yang aktif, yang ada disebelah bagian kiri, dapat kita tambahkan dengan cara yang sama saat kita menginstall plugin. Pertama kali adalah cari widget yang mau ditambahkan (klik disini untuk mencari daftar widget), kemudian install seperti saat install plugin (baca artikel Install Plugin) dan diaktifkan. Setelah diaktifkan, widget yang baru di install akan berada dibagian sebelah kiri di bagian daftar widget yang aktif dan siap untuk ditambahkan kedalam sidebar.

Untuk menghapus widget dari sidebar dapat dilakukan dengan cara drag dan drop atau tekan mouse widget yang mau dihapus dari sidebar, kemudian geser dan letakkan dibagian sebelah kiri.

Setelah melakukan pengaturan terhadap widget di sidebar kita harus klik tombol “Save Changes” untuk menyimpan hasil dari perubahan.

Advertisements

Responses

  1. Thanx ye,bwt infonya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: